Bahaya gadget dan games untuk anak-anak ( that’s why I hate childrens using BB,Ipad,Tablet, PS etc)

Minggu lalu, via sebuah akun portal berita di Twitter ,men- twit berita tentang anak usia 4 tahun harus diperiksa psikiater karena kecanduan games. What??? in her/his age,udah kudu  harus periksa kejiwaan hanya alasan games? Gila juga. Gw jadi parno sama ponakan-ponakan gw which is they’re smartest than me soal Ipad, Tab, Blackberry and so on…bahkan ponakan gw dari kelas 3 SD atau 2 SD ya lupa, jago photoshop yang belajar dari Ipad temennya. ( Eh ke sekolah bawa Ipad ya? Emosi deh gw! ). Dan juga ponakan gw udah minta kudu pake BB dari tahun 2011 karena bapak-ibunya pake BB, dan temen-temen sekolahnya pake, daaaaan fyi, akhirnya pula  ibu-ibu yang nganterin anak-anaknya sekolah punya grup BB; misalnya grup Mommy’s SD BINTANG. *prihatin*
*agak ngiri*

Fyi, jaman gw SD (1988 -1994), diantara rentang waktu ini, gw gak tau apa-apa . Bangga banget juga sih pas tau World Cup’94 hahahaah….but  Telpon koin dan telpon kartu is the best thing I’ve ever knew, I’ve ever seen.

Nyokap gw sempet nyeletuk kalo liat Ipad sama Tab, apalagi yang 10′; ” itu jaman dulu mama sekolah (th 57-58 nan), kayak SABAK ya,papan tulis disekolahan, tiap murid punya” hahahahahah *ngakak jaya.com*
Prihatin. ah Iya. Prihatin. But, what would you do? Bukan kita yang minta teknologi modern, tapi teknologi datang menghampiri kita. Beratus-ratus merek gadget, tablet, PC, dari yang 7 s/d 10 inch, mencoba masuk ke hati dan pikiran konsumen. Kita butuh something yang canggih dan serba bisa,apa aja ada, Blackberry, Iphone, Android Samsung pun muncul. Mau tipe, warna,dan flatnya gadget, tinggal pilih.

  Kalau belajar teknologi,kemajuan jaman, baca-baca majalah gadget, kata temen gw ” ngarai gendeng ” ( bikin sakit jiwa;bhs jawa). Kebetulan dia pakai sebuah gadget seri lama. Selang beberapa lama muncul seri yang ke 2 dan beberapa bulan muncul yang ke 3. Dia hanya bilang ” teknologi gak akan ada habisnya “. Yes, indeed!

Balik lagi ke masalah games dan anak-anak, actually gw suka games. Kalau gw lagi jenuh dengan kerjaan kantor dan kuliah; the simple games yg dimainkan adalah Solitaire or Zuma. Dari kecil sih memang udah di “jejelin” en diajarkan  Nyokap sama games bermutu supaya gw gak main diluaran sana, ke jalanan. So nyokap beliin gw disket ( ya ampun old school amat ), isinya Pengetahuan Umum ( Peta Buta Indonesia; Ibukota 27 provinsi), Seri Matematika ( Perkalian, Pembagian, Pengurangan, Penambahan), Packman, Mario Bross, Digger. Dan gw rasa itu well educated, Worthed banget, kangen banget games itu. Dan itu ada rules nya yg harus gw patuhin.  started jam 5 sore sampai jam 7 harus stop karena harus ngerjain PR dan belajar sampai jam 9. Jam 9 harus tidur karena besok pagi jemputan datang setengah 7. Begitulah siklus gw bermain games…… Sampe lulus SD *ngosngosan*
*yaiiiiiiy*

My parents was so stricked to take care good of me. Beliau ber 2 adalah  working parents, busy, but tetap inget saya pastinya. Fortunately, I had 2 maids at home. Jadi kemana gw mau pergi kan mesti dapet pengawalan hahaah padahal gw paling gak suka diem di rumah dan pengen bebas. Kadang-kadang,pengen  main dengan anak-anak tetangga, ngerasain gobak sodor, benteng, tak jongkok, main karet aja susaaaaah banget dan harus curi-curi. Sekalinya maen ketawan deh sama bokap,karena masih main dikala waktunya mandi hahahah ( kok gw kaya di asrama ya segala kegiatan ada jadwalnya, gak berasa ini penjajahan sama ortu sendiri hahahaha ).

And How bout today? Digital era? Modernity? How your parents take care of you? Is it  the same as well as like my childhood ?

Rgds
G

Note : Love you much nieces and nephews: Pretty Shafira Dewi, Dharma Yudhatama, Cakra Wiratama, Ilona Rubya Dewi ,Parsha Alhamka, Bimo Danish Pradipta, Kamil, Anissa, Abiem.

Regards,
@jengaluh on twitter

Leave a Reply

