In Memoriam – Ustadz Jeffry Al-Buchory; Ustadz Gaul Yang Takkan Terganti

Jumat pagi lalu,26 April, bangun tidur,  dikejutkan sama berita duka. Saudara gw bilang, ” udah tau belum Ustadz Jeffry meninggal? kecelakaan motor di Pd Indah, Jam 2 pagi. coba cek Twitter deh”. Spontan aja gw langsung cari-cari sumber berita terpercaya dan liat twitter. Mungkin aja HOAX lah. hari gini kan banyak banget tuh berita gak bisa dipercaya.  Gak berapa lama broadcast message BB dan display picture pun berganti ucapan belasungkawa dan foto almarhum Uje; sapaan gaul Ustadz Jeffry. Begitu tahu itu berita beneran dan badan gw sampai merinding dan langsung lemes rasanya. Ucapan belasungkawa di Newsticker semua stasiun televisi pun muncul. Innalilahiwainnailahi rajiun………….Ustadz gaul yang fenomenal ini pun telah kembali ke pangkuanNya di hari Jumat yang putih, suci, bersih.

Sebagai penggemar ceramah alm Uje di semua stasiun TV terutama yang tayang di hari minggu, dan sebagai umat muslim, gw sangat berduka dan kehilangan. Honestly, there’s no any Ustadz like him. Gesture-nya, gaya bicaranya, becandaannya, Qoriatnya; sampai begitu indahnya almarhum melafalkan ayat-ayat Al Qur’an, dan menyanyikan lagu-lagu Islami. Subhanallah….indahnya. Kadang ya, kalau liat ceramahnya di TV nobar bareng keluarga ( tuh nonton Uje aja sampe nobar coba, kita serumah itu sampe terpukau, nangis, ketawa sambil geleng-geleng. ” Ini Ustadz keren banget ya…!!.”

FYI nih, Walaupun gw gak pernah ketemu, datang ke acara ceramahnya sekalipun belum pernah, gw tetap kagum sama almarhum. dan gw gak peduli juga tuh kalo almarhum sering ada di infotainment, terus kadang-kadang ada gosip miring tentang almarhum, menjelek-jelekan beliau entah apa itu beritanya, really  don’t care. And believe it or not, setiap lihat tayangan IN MEMORIAM Ustadz Uje di stasiun TV manapun, I’m still crying. And also my families.

Sebenernya semalam atau hari kemarinnya, gw sempet bathin aja, kemana ya Uje kok gak pernah ceramah lagi di TV, atau masuk infotainment. ternyata tanggal 12 April waktu ultah almarhum Uje acaranya diliput  infotainment di SCTV , kalo gak salah di Halo Selebriti,  klik :  http://www.sctv.co.id/infotainment/halo-selebriti_23465.html

Well, anyway, jarang sekali orang muda seperti ini di Indonesia. Darah muda yang mau berbagi suka dan duka, Mengajak rekan-rekan seiman maupun tidak untuk berbuat kebaikan dalam segala bentuk.  Dengan ajakan yang halus dan persuasive dengan model perilaku yang ia contohkan.  Sungguh mulia dan penuh dengan nilai.  Seringkali para pemberi dakwah, memberikan judgment dan penilaian kepada orang lain.  Belum tentu orang lain itu lebih buruk dari sang pendakwah! Hanya Tuhan yang berhak memberikan penilaian dan hukuman! Selebihnya, sang pendakwah  tidak berhak untuk menilai.  Tugas mereka hanya menyampaikan dan mengajak! Tidak lebih dan tidak kurang! Selebihnya adalah urusan hati.  Mau, tidak mau, berminat atau tidak berminat! Dan itu adalah urusan Tuhan, sang Khalik, penguasa alam semesta raya! ( http://sosbud.kompasiana.com/2013/04/26/selamat-jalan-opinion-leader-kaum-muda-relgius-sahabat-kami-tercinta-ustad-jefri-554642.html ) diakses 2 Mei 2013.

Lewat postingan ini, gw  atas nama pribadi, mau mengucapkan belasungkawa sedalam-dalamnya atas meninggalnya Ustadz Jeffry Al-Buchory, kepada keluarga besar almarhum, terutama istri beliau, Mbak Pipik Dian Irawati.Semoga amal ibadah Ust Jeffry diterima oleh Allah SWT, diberikan jalan yang lapang menuju surga, dan damai disisiNya, Amin Ya Robbal Alaamiiin…………..Al Fatihah.

Mari kita jadikan Ustadz Uje sebagai inspirasi tokoh perubahan. Berubah dari dulu yang punya  lembaran hitam, berkarya tulus demi umat, dan menjadi opinion leader  dari kalangan muda.

Selamat jalan Ustadz, perjuanganmu adalah inspirasi saya untuk berkarya lebih baik bagi Indonesia. Dan sosok Ustadz Tak Kan Pernah Terganti………….

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: