Kata-kata “manis” si abang OJOL

Postingan ini sebenarnya buat introspeksi layanan ojek online dimanapun berada. Karena sesungguhnya pelanggan adalah raja. Ya kalau rajanya dihina masa sih gak marah. Gitu deh istilahnya….. Hehhe. Juga pelatihan/training karyawan harus lebih sering dengan memperbanyak tentang ETIKA KESOPANAN sama pelanggan.

Jadi ini cuma sekedar sharing aja  kalau mau naik ojek online (baik motor atau mobil), kita harus komunikasikan dengan baik, ditanya dulu,  dia mau atau gak kalau kita cancel order.

Jadi tadi jam 4 sore,  nyokap mau kirim barang (pake ojol) ke daerah jatibening. Pas dilihat harga pengirimannya memang mahal sih karena udah dekat jam bubaran kantor,  tapi gak masalah lah ya. Begitu udah order, nyokap gue bilang,  “wah ini ada paket yang belum ditulis alamat” , dan kebetulan memang si penerima paket belum reply alamat dan no HP nya. Otomatis gue langsung chat si abang ojol, dan gue bilang kalau masih jauh saya cancel ya karena masih ada paket yang belum ditulis alamat pengirim. Karena belum dibalas,  akhirnya gue sms abangnya aja, ” cancel ya bang”. 

Saking sibuknya dari tadi sama nyokap gue baru buka reply sms dari abang ojol yang isinya “manis”. Dia ngatain gue” monyet lu!”. Begitu baca gue kaget. Gak marah. Justru geleng”.

Sebagai anak Komunikasi, pemikiran-pemikiran dari ilmu Komunikasi keluar sudah. Ada Komunikasi apa yang gak efektif antara atasan dan bawahan? Waktu training dikasih pelatihan seperti apa? Apa gak dikasih pelatihan bagaimana menjalin hubungan baik dengan pelangan? Hanya itu yang di otak gue. Maklum Dosen ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜ kritis pemikiran๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

Dari kejadian sebelumnya juga banyak kan driver ojol berperilaku gak sopan sama pelanggannya,  ada yang ngomong kasar, judes,  mukanya bete, cancel order kita dengan alasan macem-macem,  ya kan? 

Akhirnya gue reply sms abang ojol yang intinya,  “Pak X,  ini nomor HP bapak kan? Terima kasih ya atas balasan sms bapak. Bukti sms bapak akan saya sampaikan ke kantor bapak. Kalau boleh saya juga pengen ketemu bos bapak, perwakilan atau cabang tempat anda bekerja”. Udah gitu gak dibalas deh. 

Tapi tenang aja,  Gue udah laporin captured smsnya ke medsos. 


Gue gak pengen viral. Cuma mau bikin jera drivernya dan untuk perusahaan ojek online itu supaya meningkatkan kualitas pelayanannya sebaik mungkin.

Ada teman-teman blogger yang punya kejadian serupa???
Regards, 

Galuh๐Ÿ˜Ž๐Ÿ˜

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: